Rabu, 21 Mei 2008

PRINSIP HIDUP ALA MATEMATIKA

Kebaikan atau hal-hal yang baik biasa kita sebut hal positif (+) dan Kejahatan atau hal-hal yang jelek biasa kita sebut hal negatif (-). Selain itu, Pahala, balasan atau penghargaan biasa disebut dan dirasa baik dan merupakan kebaikan (+). Sedangkan Siksaan, balasan yang jelek, sangsi, punishment biasa disebut dan dirasa dan terasa buruk dan keburukan (-).
Kalau kita melihat operas hitung Matematika perlu kita renungkan hal berikut ini:
  1. (+) : (+) = (+), artinya Kebaikan/ketaatan (+) diberikan (:) penghargaan (+), maka ia akan berbuat baik lagi bahkan menambah kebaikannya (+).
  2. (+) : (-) = (-), artinya Kebaikan/ketaatan (+) diberikan (:) hukuman (-), maka ia akan merasa apa yang dilakukannya sia sia tidak ada artinya, maka ia cenderung berbuat kesalahan (relatif).
  3. (-) : (+) = (-), artinya Kejahatan/pelanggaran (-) diberikan (:) penghargaan (+), maka ia akan berbuat kesalahan lagi bahkan menambah kesalahannya karena kesalahannya dianggap benar (+). (relatif)
  4. (-) : (-) = (+), artinya Kejahatan/pelanggaran (-) diberikan (:) hukuman (-), maka ketika ia akan berbuat akan berpikir terlebih dahulu karena jika ia melakukan kesalahan, hukuman menantinya maka ia cenderung akan meperbaiki sikapnya (+).

Tidak ada komentar: